Sleeping Bag

Cara Merawat Sleeping Bag yang Paling Benar Supaya Awet dan Tahan Lama

Jika Anda termasuk salah satu orang yang menyukai kegiatan outdoor seperti mendaki atau camping tentunya sering menggunakan perlengkapan yang dinamakan sleeping bag. Perlengkapan yang satu ini sering disebut juga sebagai alas tidur di alam terbuka. Ada banyak sekali jenis alas tidur yang satu ini dan sudah dijual luas dipasaran, Anda bisa membelinya dengan mudah di beberapa toko perlengkapan outdoor maupun situs belanja online langganan Anda. Akan tetapi, harga alat yang satu ini memang terbilang mahal, namun Anda tidak perlu khawatir jika belum bisa membelinya karena sekarang banyak persewaan alat-alat outdoor yang bisa menjadi solusi yang tepat.

Akan tetapi, setelah dipakai beberapa kali biasanya alas tidur akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan terkadang juga dapat ditumbuhi jamur. Anda harus bisa merawat alas tidur tersebut supaya selalu dalam keadaan bersih dan akan memberikan kenyamanan saat Anda pakai, selain itu merawat alam tidur dengan baik juga akan memperpanjang umur alas tidur tersebut supaya awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lalu bagaimana cara merawat alas tidur yang paling benar, simak ulasan berikut ini.

Pertama Anda harus mengetahui bagaimana cara mencuci dan menjemur alas tidur yang benar, yaitu:

• Gunakan bath up atau ember yang cukup untuk merendam alas tidur tersebut selama 20 menit. Akan lebih baik jika Anda merendamnya menggunakan air hangat dan campur dengan sabun tanpa detergent, seperti shampo atau sabun bayi.
• Kucek dengan perlahan menggunakan tangan dan apabila masih ada kotoran atau noda yang menempel sikatlah menggunakan sikat yang lembut. Karena jika Anda menyikatnya dengan sembarangan, maka bisa merusak lapisan tahan air yang ada didalam sleeping bag atau alas tidur tersebut.
• Untuk membuang sisa airnya Anda cukup hanya dengan menekannya saja, jangan diperas seperti memeras baju karena bisa merusak bahan didalamnya.
• Jemurlah alas tidur tersebut dengan cara digantung dan diangin-anginkan saja. Jangan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung karena bisa merusak tekstur dan bahan pembuat alas tidur tersebut, biasanya hanya membutuhkan waktu selama 24 jam sampai alas tidur akan benar-benar kering.

Setelah cara mencuci dan menjemur dengan benar, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menyimpan alas tidur yang Anda miliki dengan baik, antara lain:

• Untuk Anda yang sering berpergian dan akan sering menggunakan alas tidur, maka simpanlah alas tidur tersebut dengan kantung bawaannya yang akan Anda dapatkan saat membeli maupun menyewanya. Atau akan jauh lebih baik lagi jika Anda menyimpannya pada sebuah kantung yang lebih besar supaya tidak tertekan atau terkompresi dalam penyimpanan.
• Jika Anda jarang berpergian dan hanya menggunakan alas tidur sesekali saja, maka simpanlah kantung yang lebih besar kemudian gantung didalam almari yang bersih, bebas dari debu dan berilah pengharum, untuk menjaga aroma alas tidur tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan obat anti jamur supaya saat akan digunakan alas tidur yang Anda miliki tidak akan ada jamur yang tumbuh sedikitpun.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sleeping bag yang Anda miliki. Jangan pernah meremehkan proses perawatan alat yang satu ini dengan melakukannya secara sembarangan, karena nantinya saat Anda gunakan dan alas tidur tersebut tidak dalam keadaan bersih yang sempurna, maka bisa menimbulkan penyakit kulit atau gatal-gatal yang bisa mengenai tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *